Peralatan Dokter Gigi dan Fungsinya

Peralatan kedokteran di dunia ini sangatlah beragam dan bervariasi. Peralatan kedokteran tentu berbeda-beda tergantung pada spesialis apa yang di fokuskan oleh sang dokter. Misalnya peralatan dokter gigi tentu berbeda dengan peralatan dokter umum, dokter bedah, dokter kulit dan lainnya.  profesi dokter gigi merupakan spesialis dengan peralatan kesehatan yang paling beragam.

Hal tersebut dikarenakan untuk menangani kasus masalah gigi dan mulut diperlukan alat yang berbeda dan bervariasi tergantung pada tingkat kasus yang ditangani. Masalah gigi dan mulut memang seringkali menjadi kasus yang dianggap sepele namun sangat memengaruhi kesehatan tubuh manusia karena gigi sebagai salah satu organ manusia yang berperan setiap harinya ketika manusia mengunyah makanan.

Alat Kedokteran Gigi dan Fungsinya

Alat kodekteran gigi atau biasa disebut dental unit semupakan satu kesatuan peralatan kesehatan dan perawatan gigi yang wajib dimiliki oleh setiap dokter gigi. Harga dental unit tergantung pada merek dan beragamnya isi dental unit. Dental unit dapat dikatakan lengkap apabila telah memenuhi standar kelengkapan peralatan di dalamnya. Peralatan tersebut meliputi :

1. Dental Pinset

Dental pinset sebenarnya menyerupai pinset pada umumnya. Namun untuk dental pinset di desain menyesuaikan bentuk mulut agar nyaman ketika digunakan. Selain itu, bagian penahan dari dental pinset juga lebih kuat dari pinset umumnya. Hal ini karena fungsi dental pinset untuk menjepit kapas, kasa, yang digunakan untuk membersihkan gigi harus kuat dan tidak mudah terlepas.

2. Oral Diagnostic Tools

Oral diagnostic merupakan alat kedokteran gigi yang digunakan untuk mendiagnosa masalah oral pada gigi. Oral diagnostic tools terdiri dari cermin kecil yang bisa dimasukkan ke dalam mulut. Cermin tersebut memudahkan dokter untuk melihat dan mengetahui bentuk fisik dari gigi yang sedang bermasalah sehingga dokter dapat dengan mudah mendiagnosa apa yang terjadi terhadap gigi tersebut.

Fungsi dari oral diagnostic tools meliputi :

  • Mengetahui adanya tanda-tanda karang gigi, lubang gigi, ataupun debris pada gigi
  • Membantu dalam melihat permukaan gigi dan gusi yang sulit terlihat. Misalnya gigi yang berada di bagian rahang atas atau gigi yang terselip.
  • Mencari tahu adanya kelainan dan masalah pada gusi, lidah, rongga mulut maupun palatum.
  • Membantu dokter dalam memperluas wilayah pekerjaan karena alat ini membantu dalam menahan lidah, bibir maupun pipi yang dapat menghalangi dokter dalam mengatasi permasalahan pada gigi.
  • Membantu dalam melihat hasil reparasi atau pengobatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

3. Excavator

Excavator merupakan alat kesehatan gigi yang menyerupai alat pengeruk. Sesuai dengan bentuk fisiknya, alat ini digunakan untuk mengeruk atau membongkar tumpatan sementara pada gigi, membersihkan karies gigi dengan jaringan lunak, dapat membersihkan dan menghilangkan kotoran yang melekat pada kavitas gigi, serta dapat mengambil kelebihan amalgam, cement, maupun fletcher.

4. Scaler

Alat scaling gigi atau lebih dikenal dengan scaler ini sangat berperan penting dalam membersihkan karang pada gigi. Alat ini sebenarnya bisa digunakan secara pribadi karena penggunaannya yang cukup mudah selama mengikuti petunjuk penggunaannya. Scaler terdiri dari berbagai model tergantung dengan fungsi yang dimiliki. Scaler terdiri dari file scaler, chisel scaler, hoe scaler, curret scaler, serta sickle scaler

5. Dental Rontgen

Dental rontgen digunakan untuk melihat kondisi gigi yang tidak dapat dilihat olehmata telanjang dengan lebih jelas. Dental rontgen memungkinkan dokter dapat menemukan masalah pada kelainan jaringan gigi seperti pada akar gigi, gusi, maupun jaringan di dalam gigi lainnya. dental rontgen biasanya akan digunakan jika kondisi gigi pasien cukup parah dan sulit di diagnosa.

6. Alat Bor Gigi

Alat bor gigi biasanya ginuakan untuk menghilangkan atau mencabut gigi yang sakit namun tidak bisa dicabut menggunakan alat pencabut biasa. Gigi yang dimaksud adalah gigi dengan kondisi berlubang namun akar gigi masih kuat sehingga tidak mungkin dicabut menggunakan alat pencabut biasa. Alat bos gigi ini tidak boleh sembarang digunakan karena dikhawatirkan dapat merusak saraf pada gusi.

7. Alat Cabut Gigi

Alat cabut gigi merupakan alat kedokteran gigi yang menyerupai tang dengan bentuk yang lebih kecil. Alat cabut gigi yang menyerupai tang ini memiliki peran dalam menghantarkan tekanan pada gigi sehingga dapat mengakibatkan luksasi, dilatasi alveolus, serta pencabutan pada gigi. Desain alat iniharus dibuat senyaman dan se-aman mungkin baik bagi pasien maupun bagi dokter.

Alat ini terdiri dari berbagai desain tergantung kebutuhannya. Alat ini dibedakan pada masing-masing pengguanaannya. Misalnya tang gigi bagi anak-anak tentu berbeda dengan tang gigi bagi orang dewasa. Tang pencabut gigi geraham tentu berbeda dengan tang pencabut gigi bagi gigi lainnya. jika salah-salah menggunakan, alat ini dapat menyebabkan rasa sakit pada gigi dan ketidak nyamanan.